5 Langkah Awal Jadi Freelancer Sukses Yang Harus Kamu Ketahui



Kamu ingin menjadi seorang freeelancer yang sukses? Tapi tidak mengerti bagaimana cara memulai menjadi seorang freelancer dan tidak mengetahui apa saja langkah-langkah awal jadi freelancer yang harus dilakukan untuk menjadi freelancer sukses.


Sebenarnya untuk menjadi seorang freelancer tidaklah hal yang sulit, kamu bisa daftar ke berbagai situs freelance yang banyak tersedia di internet dan kamu bisa menjadi seorang freelancer.


Namun untuk menjadi seorang freelancer yang sukses dengan mempunyai banyak project, tidak semua freelancer dapat mencapainya. Perlu sebuah tindakan atau langkah awal jadi freelancer yang harus dilakukan untuk menjadi freelancer sukses.


Karena tidak jarang freelancer yang putus semangat dan memutuskan berhenti menjadi freelancer karena di sebabkan oleh banyak hal, seperti tidak kunjung mendapatkan klien dan kurangnya kesabaran dalam menekuni dunia freelancer.


Langkah awal jadi freelancer Sukses

Untuk mengatasi berbagai tantangan dan hambatan yang muncul, terutama yang sering terjadi kepada freelancer pemula. Sebelumnya kamu harus mengetahui apa saja langkah-langkah awal untuk menjadi freelancer yang sukses.


Dengan mengikuti panduan atau langkah awal jadi freelancer sukses, diharapkan para freelancer pemula tidak akan mengalami kesulitan dalam menekuni profesi sebagai freelancer.


Lalu apa saja langkah awal tersebut? Berikut akan kami rangkum secara jelas dan singkat tentang apa saja langkah awal menjadi freelancer yang sukses dan bisa diterapkan kepada pemula.


Mengenali Keahlian Yang Dimiliki

Langkah awal jadi freelancer sukses yang pertama adalah mengenali potensi atau keahlian yang dimiliki serta menentukan jenis jasa apa yang nantinya kamu ditawarkan kepada calon klien.


Selain itu, pastikan bahwa jasa yang kamu tawarkan sesuai dengan keahlian dan keterampilan yang kamu miliki. Apakah memilih jasa penulis lepas, memilih jasa design atau memilih jasa lainnya yang sesuai dengan keahlian kamu.


Dengan memilih jasa yang sesuai dengan keahlian yang dimiliki, hal tersebut akan membantu dan mempermudah kamu dalam mengerjakan berbagai project yang diberikan oleh klien karena sesuai dengan passionmu.


Apabila kamu sembarangan dalam mengambil project yang tidak sesuai dengan keahlian hanya karena ingin mendapatkan project yang banyak, tentunya hal tersebut akan membuatmu menjadi kesulitan dalam mengerjakan project tersebut.


Dan pada akhirnya klien menjadi kecewa dengan apa yang kamu kerjakan yang selanjutnya akan membuat portofolio kamu menjadi kurang baik dan mempengaruhi project-project kamu selanjutnya.


Tampilkan Hasil Di Portofolio

Dalam hal promosi diri, portofolio adalah salah satu media yang harus kamu miliki untuk menarik calon klien. Seperti membuat web portofolio dan membangun media sosial yang berguna untuk memamerkan berbagai keahlian kamu.


Selain itu, portofolio yang menarik juga sangat berguna dalam menarik para calon klien. Dimana dengan portofolio tersebut calon klien akan semakin mudah mengetahui tentang apa saja jasa yang kamu tawarkan.


Seperti project-project yang telah kamu selesaikan, fitur unggulan yang kamu berikan, serta penghargaan-penghargaan yang telah kamu dapatkan (sesuai dengan jasa yang kamu tawarkan).


Disamping itu, portofolio juga bisa dimanfaatkan sebagai media promosi dan juga sebagai media untuk mendekatkan diri kepada calon klien yaitu sebagai alat komunikasi.


Tentunya dengan kemudahan-kemudahan yang kamu berikan terkait komunikasi antara kamu dan calon klien, hal tersebut akan membangun sebuah kepercayaan dari calon klien.


Bangun Kepercayaan

Langkah awal jadi freelancer sukses selanjutnya adalah membangun sebuah kepercayaan dari klien, dimana dalam setiap usaha kepercayaan yang klien berikan adalah kunci keberhasilan dalam menjalankan usaha atau bisnis.


Hal tersebut juga berlaku dalam dunia freelance, dimana klien yang percaya dengan kemampuan yang kamu miliki serta percaya dengan apa yang kamu hasilkan adalah aset yang berharga untuk menjadi freelancer yang sukses.


Dengan kepercayaan yang diberikan oleh klien, maka secara tidak langsung klien mengakui atas keahlian atau jasa yang kamu berikan.


Namun juga yang harus diperhatikan adalah membangun sebuah kepercayaan adalah hal yang tidak mudah, dimana perlu sebuah konsistensi dalam memberikan yang terbaik kepada setiap klien.


Jangan Lupa Riset

Kesalahan umum dari freelancer pemula adalah kemalasan untuk melakukan riset, bahkan kebanyakan dari mereka hanya melakukan apa yang mereka sukai saja dan tidak melakukan adaptasi dengan tidak melakukan inovasi.


Padahal dalam freelance, riset adalah hal yang penting. Dimana dengan riset dapat menemukan apa saja yang sedang dibutuhkan oleh klien dan apa yang harus dilakukan untuk mendapatkan project baru.


Dari tidak adanya inovasi yang membuat jasa yang kamu berikan tidak memiliki perbedaan dengan freelancer lain, tentunya akan membuat jasa yang kamu berikan akan banyak bersaing dengan jasa lainnya.


Dengan kata lain, apabila kamu adalah freelancer baru tentunya kamu akan secara langsung bersaing dengan freelancer yang sudah lebih lama atau lebih berpengalaman dalam jenis yang sama.


Dalam hal ini sebagai klien, tentunya klien akan cenderung lebih memilih untuk menggunakan jasa yang lebih berpengalaman daripada jasa atau freelancer yang masih pemula.


Penutup

Untuk menjadi sukses dalam menekuni profesi sebagai freelancer, menerapkan langkah awal menjadi freelancer pemula untuk menjadi sukses adalah hal yang penting dan krusial.


Dimana dengan menerapkan langkah awal yang benar akan membantu perkembangan karir kamu dalam menekuni profesi sebagai seorang freelancer.


Selain itu, dengan menerapkan langkah-langkah yang sesuai dengan apa yang disampaikan diatas diharapkan membuat para freelancer pemula tidak merasa kesulitan dalam mencari apa yang harus dilakukan untuk meraih sebuah kesuksesan dalam dunia freelance.